DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP KETERAMPILAN CUCI TANGAN DI SDN DUKUHTURI 04 BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Putra, Kurniawan Dhian Ari
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-11-04 08:13:53 
Abstract :
Anak usia sekolah usia 6-12 tahun merupakan sasaran yang strategis untuk pelaksanaan program kesehatan, karena selain jumlahnya yang besar, mereka juga merupakan sasaran yang mudah dijangkau karena terorganisir dengan baik. Cara untuk meningkatkan perilaku cuci tangan pada anak sekolah diperlukan pendekatan yang sesuai, agar anak-anak bisa membiasakan diri sejak dini untuk mencuci tangan. Pendidikan kesehatan menggunakan audio visual dan ceramah menjadi salah satu metode yang tepat diberikan pada usia sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan menggunakan audio visual dan metode ceramah terhadap keterampilan cuci tangan anak di SDN Dukuhturi 04. Jenis penelitian ini adalah quasy ekperimental design dengan rancangan pretest-posttest design, yang terbagi menjadi 2 kelompok perlakuan yaitu 17 responden menggunakan media audio visual dan 17 responden menggunakan metode ceramah. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar cheklist. Analisa statistik menggunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan kesehatan menggunakan media audio visual dengan metode ceramah tidak terdapat perbedaan yang signifikan, kedua metode pendidikan kesehatan tersebut dapat meningkatkan keterampilan cuci tangan di SDN Dukuhturi 04, dengan nilai p-value sebesar 0,870. 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa