Institusion
Universitas Kusuma Husada Surakarta
Author
AGUS TRIYONO, AGUS TRIYONO
Subject
Keperawatan Anak
Datestamp
2020-02-22 02:32:54
Abstract :
Pelayanan keperawatan gawat darurat meliputi pelayanan keperawatan yang ditujukan kepada pasien gawat darurat yaitu pasien yang tiba-tiba berada dalam keadaan gawat dan mengancam nyawa. Response Time oleh perawat dalam tindakan keperawatan akan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan keluarga pasien di ruang Triage. Faktor kemampuan komunikasi perawat dalam menjelaskan kondisi pasien juga dapat meningkatkan tingkat kepuasan keluarga pasien. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan Response Time dan komunikasi dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R Soeharso Surakarta.
Desain penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan studi kohort perspektif. Sampel penelitian adalah 92 orang keluarga pasien IGD. Teknik sampilng menggunakan accidental sampling. Alat penelitian menggunakan lembar observasi dan arloji untuk menghitung Response Time, kuesioner komunikasi dan tingkat kepuasan keluarga pasien. Analisis data menggunakan uji Chi Squre. Hasil penelitian menunjukkan Response Time perawat 58,7 %, dalam kategori cepat, 41,3 % kategori lambat. Sebanyak 54,3 % responden menyatakan komunikasi dari perawat IGD kategori baik dan 45,7% kurang baik. Sebanyak 55,4% responden puas terhadap pelayanan perawat di IGD, 44,6% responden tidak puas. Hasil uji Chi Square hubungan Response Time dengan kepuasan keluarga pasien diperoleh nilai p = 0,000, OR =5,633. Hubungan komunikasi dengan kepuasan keluarga pasien dengan nilai p = 0,000, OR =5,692.
Terdapat hubungan Response Time dan komunikasi dengan kepuasan keluarga pasien di IGD Sakit Ortopedi Prof. Dr. R Soeharso Surakarta. Response Time dan komunikasi merupakan faktor risiko terhadap kepuasan keluarga pasien pada pelayanan di IGD.
Kata kunci: Response time, Komunikasi, Kepuasan, IGD, Keluarga pasien
Daftar pustaka: 76 (2009-2019)