Institusion
Universitas Kusuma Husada Surakarta
Author
Rosy Wahyuning Mekar Utami, Rosy
Subject
Datestamp
2024-04-29 03:10:47
Abstract :
HUBUNGAN PELAYANAN MUTU DENGAN TINGKAT
KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN UPT PUSKESMAS JIKEN
Rosy Wahyuning Mekar Utami
1,
Frieda Ani Noor, SKM.,M.Kes
*
1
Mahasiswa Program Studi Saarjana Administrasi Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan,
Universitas Kusuma Husada Surakarta
rosywahyuning1@gmail.com
*
Dosen program Studi Saarjana Administrasi Kesehatan Universitas Kusuma Husada
Surakarta
Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) adalah salah satu sarana palayanan
kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Adapun yang dimaksud dengan
puskesmas adalah suatu unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pust
pembangunan kesehatan pusat pembinaan peran serta masyarakat dalm bidang
kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan
kegiatannya secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan pada suatu mayarakat
yang bertempat tinggal dalam suatu wilayah tertentu (Azwar, 2010). Mutu pelayanan
kesehatan adalah yang menunjukan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan,
yang disatu pihak menimbulkan kepuasan pada setiap pasien atau konsumen sesuai
dengan tingkat kepuasan penduduk, serta pada pihak lain, tata penyelenggaraannya
sesuai dengan kode dan standar pelayanan professional yang telah ditetapkan.
Umumnya pasien/pelanggan mengharapkan pemberi jasa pelayanan memberikan
pelayanan secara bermutu yakni melayani secara handal, cepat tanggap, meyakinkan,
empati dan berwujud. (Helmi M Bola 2019)
Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode kuesioner yang terdiri
dari pertanyaan atau pernyataan secara tertulis, setelah itu akan digunakan untuk
mengukur hubungan variabel independen, terhadap variabel dependen.
Dari hasil penelitian tersebut pasien merasa puas terhadap petugas yang ramah,
pelayanan yang mumpuni, dan fasilitas kesehtan yang canggih. Dapat dikatakan UPT
Puskesmas jiken memiliki sarana dan prasarana yang sesuai dengan standart kementrian
kesehatan. Memiliki stok obat obatan yang lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan pasien dan masyarakat. Memiliki tenaga kesehatan dan petugas yang memiliki keahlian
dan profesional.
Kata kunci : pelayanan mutu, kepuasan pasien.