DETAIL DOCUMENT
Hubungan Pelayanan Mutu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan UPT Puskesmas Jiken
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kusuma Husada Surakarta
Author
Rosy Wahyuning Mekar Utami, Rosy
Subject
 
Datestamp
2024-04-29 03:10:47 
Abstract :
HUBUNGAN PELAYANAN MUTU DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN UPT PUSKESMAS JIKEN Rosy Wahyuning Mekar Utami 1, Frieda Ani Noor, SKM.,M.Kes * 1 Mahasiswa Program Studi Saarjana Administrasi Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta rosywahyuning1@gmail.com * Dosen program Studi Saarjana Administrasi Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) adalah salah satu sarana palayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Adapun yang dimaksud dengan puskesmas adalah suatu unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pust pembangunan kesehatan pusat pembinaan peran serta masyarakat dalm bidang kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan kegiatannya secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan pada suatu mayarakat yang bertempat tinggal dalam suatu wilayah tertentu (Azwar, 2010). Mutu pelayanan kesehatan adalah yang menunjukan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, yang disatu pihak menimbulkan kepuasan pada setiap pasien atau konsumen sesuai dengan tingkat kepuasan penduduk, serta pada pihak lain, tata penyelenggaraannya sesuai dengan kode dan standar pelayanan professional yang telah ditetapkan. Umumnya pasien/pelanggan mengharapkan pemberi jasa pelayanan memberikan pelayanan secara bermutu yakni melayani secara handal, cepat tanggap, meyakinkan, empati dan berwujud. (Helmi M Bola 2019) Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode kuesioner yang terdiri dari pertanyaan atau pernyataan secara tertulis, setelah itu akan digunakan untuk mengukur hubungan variabel independen, terhadap variabel dependen. Dari hasil penelitian tersebut pasien merasa puas terhadap petugas yang ramah, pelayanan yang mumpuni, dan fasilitas kesehtan yang canggih. Dapat dikatakan UPT Puskesmas jiken memiliki sarana dan prasarana yang sesuai dengan standart kementrian kesehatan. Memiliki stok obat obatan yang lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan pasien dan masyarakat. Memiliki tenaga kesehatan dan petugas yang memiliki keahlian dan profesional. Kata kunci : pelayanan mutu, kepuasan pasien. 
Institution Info

Universitas Kusuma Husada Surakarta