DETAIL DOCUMENT
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN PESTEL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Musi Charitas
Author
Geofany, Ignasius Vincen
Subject
TD Environmental technology. Sanitary engineering 
Datestamp
2022-10-13 02:27:43 
Abstract :
Kopiloka Industrial merupakan usaha kecil menengah yang bergerak di bidang produksi minuman kopi kekinian yang telah didirikan sejak tahun 2018. Setelah melakukan kegiatan wawancara diketahui bahwa strategi bisnis Kopiloka Industrial belum memiliki pelayanan pesan antar Online dan kedai yang semula berada di lokasi Demang berpindah ke Pipa Reja pada tahun 2021 dikarenakan penurunan omset dan belum kembali berkembang. Dalam mengatasi hal ini maka diperlukan strategi pengembangan usaha yang tepat agar dapat menaikkan penjualan dan omset di tengah masa pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Perumusan strategi ini menggunakan metode analisis SWOT dan PESTEL. Setelah kondisi lingkungan eksternal diketahui dari analisis PESTEL kemudian dilakukan analisis SWOT yang menghasilkan 17 alternatif strategi. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan Matriks IFE (faktor internal meliputi kelebihan dan kekurangan) dan EFE (faktor eksternal meliputi peluang dan ancaman) yang menunjukan peta kondisi bisnis pada kuadran 1 sehingga strategi yang sesuai adalah strategi SO atau Strategi Comparative Advantages, dimana perusahaan menerapkan strategi memanfaatkan peluang dengan kekuatan yang dimiliki. Sedangkan seleksi strategi Matriks QSPM yang harus didahulukan ialah strategi usulan ke-11 yaitu menguatkan promosi produk melalui Endorse Influencer Sosmed dengan nilai TAS terbesar (6,077). Pihak Kopiloka menyetujui untuk percobaan implementasi pada bulan Mei 2022 dengan strategi usulan ke-1 berdasarkan metode Matriks IFE-EFE yaitu menerapkan saran dan meningkatkan sikap responsif terhadap pelanggan serta strategi terpilih dari metode QSPM sebelumnya. Sebelum implementasi, pada bulan Maret 2022 total hasil penjualan ialah 1200 cup dengan pendapatan Rp. 21.500.000 dan setelah implementasi naik menjadi 1510 cup dengan pendapatan Rp. 23.500.000. 
Institution Info

Universitas Katolik Musi Charitas