DETAIL DOCUMENT
Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di MI Matholi’Ul Falah Dungus Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Indriani, Vivi Nur
Subject
Education 
Datestamp
2024-04-02 03:32:18 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi GLS di MI Matholi?ul Falah Desa Dungus, Cerme Gresik. Serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi GLS di MI Matholi?ul Falah Desa Dungus, Cerme Gresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Matholi?ul Falah. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 5, dan 6 peserta didik kelas 5. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan.Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MI Matholiul Falah masih dalam tahap pembiasaan. Hal itu dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut. Selain itu minat membaca peserta didik di sekolah tersebut masih rendah. Peneliti menemukan faktor pendukung dalam implementasi GLS yaitu kepala sekolah yang berkomitmen untuk melaksanakan program literasi sekolah. Di samping itu peneliti menemukan faktor penghambat yaitu kurangnya sarana prasarana, bahan bacaan yang kurang bervariasi, minat baca peserta didik yang rendah. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik