DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV UPT SDN 19 Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Firdyanti, Safira Aryundani
Subject
Education 
Datestamp
2024-05-16 11:28:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SDN 19 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 19 Gresik yang berjumlah 54 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik parametik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol lebih rendah daripada kelas eksperimen. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,78 dan kelas ekperimen adalah 72,78. Berdasarkan uji N-Gain rata-rata kelas kelas eksperimen sebesar 8,15 dengan kategori tinggi. Maka model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t diperoleh bahwa nilai Sig(two-tail) sebesar 0,0365. Dengan demikian, Sig(two-tail) = 0,0365 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SDN 19 Gresik. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik