DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS UPT SD Negeri 74 Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Aulia, Aidah Raihanah Fitri
Subject
Education 
Datestamp
2024-05-21 02:41:08 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V UPT SD Negeri 74 Gresik. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk meneliti hubungan sebab akibat yang timbul dari adanya perlakuan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji-T. Dalam penelitian ini populasi yang diambil yaitu siswa kelas V UPT SD Negeri 74 Gresik tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 40 peserta didik. Sampel diambil melalui pretest dan posttest Dari hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan hubungan variabel model pembelajaran Inside Outside Circle (X) dengan variabel hasil belajar (Y) memiliki hasil perhitungan dengan menggunakan uji t-independent dengan taraf signifikan 0,005 diperoleh hasil 0,006 <0,05 dengan demikian artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik