Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh product terhadap
keputusan pembelian produk semen di PT. Semen Indonesia Logistik di Kecamatan
Gresik, (2) Pengaruh price terhadap keputusan pembelian produk semen di PT.
Semen Indonesia Logistik di Kecamatan Gresik, (3) Pengaruh promotion terhadap
keputusan pembelian produk semen di PT. Semen Indonesia Logistik di Kecamatan
Gresik, (4) Pengaruh place terhadap keputusan pembelian produk semen di PT.
Semen Indonesia Logistik di Kecamatan Gresik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian
ini adalah store manager toko bangunan yang membeli produk semen di PT. Semen
Indonesia Logistik di Kecamatan Gresik. Teknik pengambilan sampel di penelitian
ini menggunakan Non Probality Sampling dengan Sampel Jenuh. Jumlah sampel
sebanyak 44 store manager. Teknik pengumpulan data menggunakan kueisoner
yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan
adalah regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh product
terhadap keputusan pembelian produk semen di PT. Semen Indonesia Logistik di
Kecamatan Gresik, dibuktikan dengan nilai signifikan 0,013 < 0,05. (2) Terdapat
pengaruh price terhadap keputusan pembelian , dibuktikan dengan nilai signifikansi
sebesar 0,019 < 0,05. (3) Tidak terdapat pengaruh promotion terhadap keputusan
pembelian produk semen di PT. Semen Indonesia Logistik di Kecamatan Gresik,
dibuktikan dengan nilai signifikan 0,219 > 0,05. (4) Tidak terdapat pengaruh place
terhadap keputusan pembelian produk semen di PT. Semen Indonesia Logistik di
Kecamatan Gresik, dibuktikan dengan nilai signifikan 0,942 > 0,05.