DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Karangasem Paciran Lamongan
Total View This Week18
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author

Subject
Islamic Education 
Datestamp
2019-03-06 06:40:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Karangasem. dan kendala-kendala guru saat menerapkan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada mata pelajaran fiqih. Serta mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Karangasem Paciran Lamongan khususnya kelas XI ( Sebelas ), yang terdiri dari 83 siswa, dan sampel yang digunakan sebagai subjek penelitian sebanyak 5 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Calassroom Action Research. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, teknik pengambilan data berupa pengamatan (Observasi), pengumpulan dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan diterapkannnya model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) di mata pelajaran Fiqih, membuat siswa cenderung lebih aktif dalam proses pembelajaran. Lebih mandiri dalam mencari sumber informasi pembelajaran. Serta, lebih menambah wawasan keilmuan siswa. Adapun penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada pembelajaran Fiqih pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Karangasem Paciran Lamongan adalah sudah Efektif. Kata kunci: penerapan, mata pelajaran Fiqih, Problem Base Learning (PBL) 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik