DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI MASA PANDEMI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Sakinah, Den Ayu
Subject
Geometry 
Datestamp
2021-08-16 04:39:00 
Abstract :
Kemampuan pemahaman konsep matematika sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Pemahaman konsep merupakan dasar dari pemahaman prinsip dan teori-teori. Dengan adanya kemampuan pemahaman konsep peserta didik akan lebih mudah untuk memahami prinsip dan teori-teori. Banyak peneliti terdahulu yang mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika ini dipengaruhi oleh beberapa hal lainnya. Seperti kecemasan matematika dan kemandirian belajar. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP se-Kecamatan Kebomas tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 964 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan rumus slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%, maka jumlah anggota sampel sebanyak 283 peserta didik yang dipilih dengan teknik proportionate claster random sampling. Instrumen yang dgunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecemasan matematika, kemandirian belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keselarasan antara teori yang digunakan dengan hasil analisis jalur, yaitu: (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemandirian belajar dengan nilai C.R. sebesar -9,549?1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,000?0,05. (2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika yang ditunjukkan dengan nilai C.R. sebesar -2,811?1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,005?0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika yang ditunjukkan dengan nilai C.R. sebesar 2,964?1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,003?0,05. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik