DETAIL DOCUMENT
"KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK"
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Yanti, Marisa Dwi
Subject
Geometry 
Datestamp
2021-08-24 07:55:11 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMPN 31 Gresik pada kelas VIII-B sebanyak 32 peserta didik tahun pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Metode tes yang digunakan adalah tes kemampuan matematika dan tes kemampuan komunikasi matematika. Metode tes kemampuan matematika digunakan untuk mengelompokkan peserta didik berdasarkan kategori kemampuan matematika (tinggi,sedang, rendah). Metode tes kemampuan komunikasi matematika digunakan untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi matematika dalam menyelesaikan masalah kontekstual peserta didik. Sedangkan, wawancara digunakan sebagai informasi tambahan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematika. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika peserta didik berkemampuan matematika tinggi termasuk kriteria sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar (91,67%). Kemampuan komunikasi matematika peserta didik berkemampuan matematika sedang termasuk kriteria baik dengan rata-rata persentase sebesar (70,83%). Kemampuan komunikasi matematika pesertda didik berkemampuan matematika rendah termasuk kriteria cukup baik dengan rata-rata persentase sebesar (43,37%). 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik