DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEGO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PEGON KITAB KUNING SANTRI MADIN AL-MUTTAQIN DUDUKSAMPEYAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Khoirotunnisa', Khoirotunnisa'
Subject
Islamic Education 
Datestamp
2022-03-10 03:16:28 
Abstract :
Madrasah Diniyah (MADIN) Al-Muttaqin Benem Utara Duduksampeyan Gresik sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam non formal yang mengkaji ilmu agama dengan beberapa buku ajar berbahasa Arab atau kitab kuning yang menerapkan sistem pembelajaran memaknai kitab kuning dengan tulisan pego. Tetapi kemampuan santri dalam menulis pego masih kurang. Hal ini disebabakan tidak tersedianya bahan ajar pego sehingga kesulitan bagi guru untuk mengolah dan menyampaikan materi dalam pembelajaran serta kesulitan bagi santri untuk berlatih secara mandiri. Sehingga MADIN Al-Muttaqin membutuhkan bahan ajar pego yang dapat menunjang keterampilan santri dalam menulis pegon kitab kuning. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah: (1) Bagimana pengembangan bahan ajar pego untuk meningkatkan keterampilan menulis pegon kitab kuning santri MADIN Al-Muttaqin Duduksampeyan Gresik ?, (2) Bagaimana efektifitas penggunaan bahan ajar pego untuk meningkatkan keterampilan menulis pegon kitab kuning santri MADIN Al-Muttaqin Duduksampeyan Gresik ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, sehingga peneliti mengadakan penelitian pengembangan bahan ajar pego untuk meningkatkan keterampilan menulis pegon kitab kuning santri MADIN Al-Muttaqin dan untuk mengetahui efektifitas bahan ajar pego dalam meningkatkan keterampilan menulis pegon kitab kuning santri MADIN Al-Muttaqin Duduksampeyan Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (reseach and development) dengan model Dick &Carey yang terdiri dari sepuluh langkah: (1) Analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran, (2) Analisis pembelajaran, (3) Analisis pembelajaran dan konteks, (4) Merumuskan tujuan umum dan khusus, (5) Mnegembangkan instrumen, (6) Mengembangkan strategi pembelajaran, (7) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) Melakukan revisi bahan pembelajaran, dan (10) Merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahan ajar pego dapat meningkatkan keterampilan santri kelas I MADIN Al-Muttaqin Duduksampeyan Gresik dalam menulis pego, terbukti prosentase rata-rata perolehan hasil belajar pada post-test mencapai 78,6 dibanding pre-test yang hanya berada pada nilai 63,6 Demikian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan perolehan hasil belajar siswa sebesar 15 setelah belajar menggunakan hasil produk pengembangan. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik