DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Pop Up Book Pancasila Berbasis Nilai-nilai Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Zahrah, Husliyana Mei
Subject
Education 
Datestamp
2021-10-29 04:50:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pop Up Book Pancasila, mengetahui (1) validasi Pop Up Book Pancasila, (2) respon peserta didik terhadap Pop Up Book Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D, terdiri dari Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Desseminate) dengan modifikasi peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Al-Islam 1 Pantenan yang berjumlah 6 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil yang diperoleh yaitu, 1) Pop Up Book Pancasila dengan hasil 92,5%, sangat valid. Pop Up Book Pancasila dikategorikan sangat valid karena validator menyatakan Pop Up Book Pancasila tersebut digunakan dengan sedikit revisi, layak diujicobakan, 2) Pop Up Book Pancasila dengan hasil 97,3%, sangat baik. Sehingga Pop Up Book Pancasila praktis dan juga efektif untuk digunakan sebagai alat atau sumber belajar bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata kunci: model 4D, Pop Up Book Pancasila, Nilai-nilai Sosial 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik