DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 UPT SD NEGERI 35 GRESIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Putri, Ika Sari Prastiwi
Subject
Primary and secondary education 
Datestamp
2022-08-19 08:19:13 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode card sort dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I UPT SD Negeri 35 Gresik. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dalam dua kali pertemuan dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas I UPT SD Negeri 35 Gresik yang berjumlah 42 peserta didik terdiri dari 21 peserta didik laki-laki dan 21 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2019, Sumberdata berasal dari guru dan peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes lisan dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu rubrik penilaian membaca permulaan, lembar catatan observasi guru dan lembar observasi peserta didik. Setelah menggunakan penerapan metode card sort adanya peningkatan hasil belajar peserta didik berhenti ketika target ketuntasan telah tercapai.Hasil penelitian yang diperoleh pada tindakan siklus I menunjukkan bahwa hal kemampuan membaca permulaan peserta didik masih di bawa KKM dengan volai presentase peserta didik sebanyak 73,17%. Sedangkan pada tindakan siklus II dalin penerapan metode card sort dapat meningkatkan kemampuan membaca permail peserta didik dengan nilai presentase sebanyak 88%. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik