DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
ANGGRAENI, DEVI TSANIA
Subject
Mathematic Education 
Datestamp
2019-03-08 01:35:40 
Abstract :
Kemampuan representasi matematis merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika. NCTM merumuskan lima standar kemampuan matematika yang harus dimiliki peserta didik, salah satunya yaitu kemampuan representasi matematis. Untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik diperlukan inovasi dalam pembelajaran terutama mengenai model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Model pembelajaran yang sudah digunakan selama ini adalah Think Pair Share (TPS) tetapi hasilnya masih belum maksimal. Dan peneliti ingin menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini mulai dilaksanakan pada bulan Mei 2018 di MTs Ma?arif Sidomukti Kebomas Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen murni (True Experimental) dengan desain ?Posstest Only Control Design?. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-U yang berjumlah 34 peserta didik kelas eksperimen (TTW) dan peserta didik kelas VII-1 yang berjumlah 42 peserta didik kelas kontrol (TPS). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes dengan instrumen penelitian lembar tes kemampuan representasi matematis. Hasil uji t dua sampel independen (Independent-Sampel t Test) menunjukkan bahwa nilai sig=0,004 < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write lebih besar dari pada kemampuan representasi matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik