DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA INTERNET DALAM BERTRANSAKSI ONLINE PADA SISTEM E-COMMERCE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
ROHIMANA, NUR HIDAYAHTI INDAH
Subject
Economic And Business 
Datestamp
2019-03-15 07:09:38 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel dari persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi resiko dan kepercayaan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen-konsumen pada 20 online shop yang ada di Gresik yang telah melakukan transaksi e-commerce melalui media internet dan masuk kriteria sebagai responden dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 63 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari uji regresi linier berganda membuktikan bahwa semua variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara simultan terhadap kepercayaan pengguna internet. Secara parsial hasilnya menunjukkan 1) persepsi kegunaan memiliki pengaruh terhadap kepercayaan pengguna internet, 2) persepsi kemudahan memiliki pengaruh terhadap kepercayaan pengguna internet, dan 3 ) persepsi resiko memiliki pengaruh terhadap kepercayaan pengguna internet. Penelitian ini secara signifikan menunjukkan bahwa adanya persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan akan meningkatkan kepercayaan pengguna internet, sehingga meminimalkan resiko dari penggunaan internet. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik