Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja karyawan
tahun 2016-2017 di Outlet Pizza Hut Kartini Gresik dan memberikan masukan berupa
respon teknis terhadap indikator indikator yang belum mencapai target perusahaan.
Pengukuran kinerja ini memandang 4 perspektif, yaitu perspektif Personal, Perspektf
Kompensasi, Perspektif Aligment, Perspektif High Performance. Tiap KPI dan
Perspektif yang ada dalam Metode Human Resource dibobotkan dengan menggunakan
metode Analytical Hierarchy Process (AHP) melalui perangkat lunak Expert Choice
Versi 11.
Human Resource Scorecard Menerjemahkan visi, misi dan strategi
perusahaan ke dalam seperangkat ukuran yang menyeluruh yang memberi kerangka
kerja bagi pengukuran dan sistem manajemen strategis. Selain itu Human Resource
Scorecard juga diartikan sebagai sistem pengukuran yang mengaitkan sumber daya
manusia dengan strategi dan kinerja organisasi, yang akhirnya akan mampu, sehingga
keputusan tersebut dapat dilakukan secara tepat arah dan jumlah pengukuran kinerja ini
berdasarkan empat perspektif yaitu perspektif Personal, Perspektf Kompensasi,
Perspektif Aligment, Perspektif High Performance.
Penelitian ini merancang suatu sistem pengukuran kinerja sistem sumber
daya manusia terhadap strategi perusahaan yang mengacu pada konsep Human
Resource Scorecard pada Outlet untuk mengetahui pencapaian kinerja sistem sumber
daya manusianya. Berdasarkan hasil dari prancangan sistem sumber dari penelitian
menunjukan bahwa score pengukuran kinerja Outlet Pizza Hut Delivery Kartini-Gresik
pada tahun 2016 (3.603) yang digolongkan kinerja karyawan sedang dan di tahun 2017
sebesar (3.301). itu yang berarti Outlet Pizza Hut Kartini Gresik tidak ada perubahan
yang signifikan pada dua tahun terakhir ini, dapat dilihat dari hasil yang diperoleh.