DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI DATA MINING ASOSIASI UNTUK MENENTUKAN REKOMENDASI PAKET PENJUALAN PRODUK SYAR’I MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: TOKO TIARA SCARF)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Almasri, M. Habibi Abdillah
Subject
Informatics Engineering 
Datestamp
2019-01-22 07:31:28 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pasangan antar produk yang akan dijadikan rekomendasi paket penjualan untuk mempertahankan penjualan produk syar?i. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena banyaknya macam-macam produk yang mengharuskan pemilik toko untuk mengolah penjualan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode Asosiasi (Association Rule) Data Mining menggunakan Algoritma Apriori dengan mengambil data transaksi penjualan. Metode ini akan mencari produk yang sering terjual melalui data transaksi penjualan untuk menghasilkan informasi yang bisa menentukan suatu keputusan dan memperoleh informasi seperti mengetahui pola pembelian produk syar?i yang dibeli konsumen untuk dijadikan pasangan antar produk. Hasil penelitian diperoleh adalah pembentukan rekomendasi paket penjualan setiap bulan yang berisi maksimal 3 item pada setiap paket. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik