DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas V UPT SDN 73 Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Andina, Faiza Nur
Subject
Education 
Datestamp
2023-07-10 04:25:38 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas V UPT SDN 73 Gresik yang di tinjau dari segi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan asesmen pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. peneliti melakukan penelitian dengan turun langsung ke lokasi penelitian, menjabarkan kenyataan yang terjadi serta melakukan pendekatan terhadap sumber informasi. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 73 Gresik, tepatnya di Dusun Ngering.Sukoanyar Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dengan subjek sebanyak 5 orang diantaranya Bapak kepala sekolah, guru kelas V, guru mata pelajaran PJOK kelas V, guru mata pelajaran PAI kelas V dan guru mata pelajaran bahasa Inggris kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan model interaktif atau Model Miles dan Hubermen yang dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa hasil dari analisis Kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas V UPT SDN 73 Gresik yang di tinjau dari segi perencanaan pembelajaran menunjukkan bahwa seluruh guru V telah memenuhi kesiapan dan ketersediaan yang terdapat dalam aspek perencanaan pembelajaran yang meliputi perumusan tujuan pembelajaran (TP), penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP) dan penyusunan modul ajar. Kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas V yang di tinjau dari segi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil bahwa 2 dari 4 guru yang mengajar di kelas V telah memenuhi kesiapan dan ketersediaan yang terdapat dalam aspek pelaksanaan pembelajaran. Kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas V yang di tinjau dari segi asesmen pembelajaran menunjukkan hasil bahwa seluruh guru di kelas telah memenuhi kesiapan dan ketersediaan yang terdapat dalam aspek asesmen pembelajaran yang meliputi asesmen awal, asesmen formatif dan asesmen sumatif. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik