DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Irawati, Eka Ayu
Subject
Education 
Datestamp
2023-07-26 03:41:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pop- up book pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V Sekolah Dasar. Selain itu untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media pop-up book pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan model penelitian ADDIE meliputi Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket validasi, lembar observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPT SDN 115 Gresik yang berjumlah 20 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa validasi media mendapatkan persentase rata-rata total 86,6% dan dikategorikan ?sangat valid?. Hasil validasi materi diperoleh persentase rata-rata 97,4% dan dikategorikan ?sangat valid?. Hasil respon peserta didik mendapatkan skor sebesar 94,6% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil observasi memperoleh persentase rata-rata skor sebesar 95,3% dan dikategorikan sangat praktis. Hasil keefektifan diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 77,5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 93,75 dan terjadi peningkatan nilai pretest dan posttest peserta didik sehingga dinyatakan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pop-up book pada materi sistem pencernaan manusia sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik