DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Di Kelas IV UPT. SD NEGERI 30 GRESIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Ramadhanty, Suci
Subject
Education 
Datestamp
2024-04-25 09:28:11 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa di Kelas IV UPT SD Negeri 30 Gresik pada tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam mengambil data penelitian ialah metode eksperimen dengan desain Pretest - Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 30 Gresik dengan jumlah 50 siswa yang terdiri dari 25 peserta didik kelas IVA dan 25 Peserta didik kelas 1VB. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi,lembar pengamatan, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas,uji homogenitas, uji T dan tes keterampilan menulis puisi. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh temuan bahwa ada pengaruh metode Outdoor Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa di Kelas IV UPT SD Negeri 30 Gresik. Dibuktikan dengan Uji Paired Sample T test signifikan pada SPSS. Berdasarkan tabel out put statistik tersebut, diperoleh hasil sig (2-teiled) atau probabilitas sebesar 0,034 sedangkan taraf signifikansinya sebesar 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikansi (0,034 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Outdoor Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik