DETAIL DOCUMENT
Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Diva Lamongrejo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Rahayu, Oktavia Putri
Subject
Health 
Datestamp
2023-10-20 05:00:31 
Abstract :
Kepuasan merupakan tingkat perasaan pasien setelah membandingkan antara kinerja dan hasil yang dirasakan dari suatu pelayanan. Berdasarkan survey pendahuluan yang dilakukan di Apotek Diva Lamongrejo, sebagian pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas farmasi karena tersedia member card. Namun, terdapat pasien yang menyatakan bahwa keramahan petugas apotek masih kurang, maka dari itu perlu untuk dilakukan penelitian tentang kepuasan di Apotek Diva Lamongrejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Diva Lamongrejo. Jenis penelitian adalah pendekatan survey menggunakan analisa data secara deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang membeli obat di Apotek Diva Lamongrejo dan sampel penelitian ini sebanyak 100 dengan teknik accidental sampling. Variabel penelitian ini adalah kepuasan pelayanan terhadap dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 5 dimensi tingkat kepuasan, diperoleh jumlah rata-rata persentasenya adalah 84,8 % dengan klasifikasi sangat puas. Dari 5 dimensi tersebut, dimensi kehandalan sebesar 85,5 %, dimensi ketanggapan 85,13 %, dimensi jaminan 82 %, dimensi empati 84,1 %, dan dimensi berwujud 87,28 %. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik