DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
HIDAYANTI, ILLA NOVITA
Subject
Mathematic Education 
Datestamp
2019-03-26 02:17:23 
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh persepsi peserta didik dalam strategi pembelajaran pemecahan masalah menurut polya terhadap peningkatan hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah kelas VIIA dan VIIC SMP Daruttaqwa tahun pelajaran 2018-2019, sedangkan sampel penelitian sebanyak 42 peserta didik (dua kelas). Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah persepsi peserta didik dalam pembelajaran saintifik menggunakan strategi pemecahan masalah menurut Polya dan hasil belajar matematika. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Persepsi peserta didik terhadap hasil belajar matematika kelas VIIA dan VIIC SMP Daruttaqwa secara berturut-turut berada pada kategori sangat rendah, rendah, sedang, kuat, dan sangat kuat. Dari perhitungan dibuktikan dengan hasil thitung sebesar 2,143 > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi peserta didik (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar matematika (Y). (2) Besar pengaruh persepsi peserta didik terhadap hasil belajar matematika adalah 10,3%. (3) secara sendiri-sendiri, persepsi perserta didik dalam strategi pembelajaran matematika berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik