DETAIL DOCUMENT
PERAN PENGAJAR DALAM PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PUSAT KAJIAN DAN PENDAMPINGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
SURYANI, INTAN
Subject
Islamic Education 
Datestamp
2019-03-26 07:05:43 
Abstract :
Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana kondisi keagamaan anak berkebutuhan khusus di PKPABK Universitas Muhammadiyah Gresik?; dan 2) Bagaimana proses dan peran pengajar dalam penanaman nilai Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di PKPABK Universitas Muhammadiyah Gresik?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajar sangat berperan dalam penanaman nilai Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus yang mengikuti program kelas pendampingan di PKPABK Universitas Muhammadiyah Gresik. Kondisi keagamaan anak berkebutuhan khusus bergantung pada pembiasaan yang ada di rumah sebelumnya. Penerapan ajaran Islam di lingkungan keluarga sebaiknya diperhatikan seperti pembiasaan mengaji, pembiasaan sholat berjamaah, pembiasaan mengamalkan doa sehari-hari, serta penanaman nilai Pendidikan Agama Islam yang lain. Proses penanaman nilai di PKPABK Universitas Muhammadiyah Gresik melalui bimbingan mengaji oleh pengajar. Peran pengajar pada anak berkebutuhan khusus yaitu pengajar sebagai contoh atau teladan, pengajar sebagai fasilitator, pengajar sebagai pembimbing, pengajar sebagai motivator. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik