DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN SEGOROMADU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
KHAFIDAH, AGUSTIN NUR
Subject
Early Childhood Education 
Datestamp
2019-04-01 01:43:37 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keterampilan membaca teks puisi pada peserta didik kelas II SDN segoromadu. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model cooperative script. Model pembelajaran cooperative script merupakan model belajar kelompok berupa skenario dimana peserta didik bekerja kelompok secara lisan mengikhtisarkan bagian materi yang di pelajari dengan berpasangan dan bergantian. Sehingga dengan menggunakan model cooperative script dapat meningkatkan peserta didik dalam membaca teks puisi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada dua siklus. Pada tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Segoromadu Jl. Veteran Segoromadu N0. 38 Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik dengan subjek sebanyak 20 peserta didik pada kelas II. Hasil penelitian yang diperoleh pada tindakan siklus I menunjukkan bahwa hasil keterampilan membaca teks puisi peserta didik masih dibawah KKM dengan nilai presentase peserta didik sebanyak 60%. Sedangkan pada tindakan siklus II dalam penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keterampilan membaca teks puisi peserta didik dengan nilai presentase sebanyak 75%. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik