DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE KELAS III A SDN 1 RANDU AGUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
EFENDI, JULIA
Subject
Early Childhood Education 
Datestamp
2019-04-01 01:43:45 
Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya respon, antusias, dan ketertarikan peserta didik pada saat proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam karena pembelajaran belum berpusat kepada peserta didik yang menyebabkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam rendah. Sehingga peneliti menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran ilmu pengetahuan alam materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat peserta didik kelas III A SDN 1 Randuagung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A SDN 1 Randuagung yang berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan untuk mengambil data awal kondisi peserta didik yang dilakukan saat pengamatan langsung dikelas dan tes untuk mengetahui nilai hasil belajar ilmu pengetahuan alam peserta didik pada materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam menggunakan model picture and picture kelas III A SDN 1 Randuagung. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik pada data nilai awal (pritest) sebesar 52,38% yang mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 80,95%. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik