DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 143 Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Putri, Reza Oktanovia
Subject
Education 
Datestamp
2024-01-25 04:23:31 
Abstract :
Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas di kelas V di UPT SDN 143 Gresik informasi sementara menunjukkan bahwa permasalahan dalam kemampuan berpikir kritis pada peserta didik yang masih minim untuk menguasai kemampuan berpikir kritis pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode True-Experimental Design populasi sampel seluruh peserta didik kelas V berjumlah sebanyak 42 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini tes. Berdasarkan hasil penelitian pada uji T menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti kurang dari 0,05. Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh. Terdapat pengaruh dari model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran ips. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik