DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 1 TLOGOPATUT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
FITRIANI, DIAH
Subject
Early Childhood Education 
Datestamp
2019-04-12 02:04:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi peredaran darah pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada peserta didik kelas V SDN 1 Tlogopatut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas, desain penelitian ini menggunakan model Hopkins yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi peserta didik, tes hasil belajar dan perangkat pembelajaran. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 82,3% dan sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA . Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi peredaran darah pada manusia. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik