DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI POKOK UANG PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SOKO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
AFRILIANI, NURISH SHABACHA
Subject
Early Childhood Education 
Datestamp
2020-05-17 07:14:43 
Abstract :
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, bahwa dalam pembelajaran matematika sering kali didapatkan peserta didik masih sukar menerima dan mempelajari matematika. Bahkan banyak yang mengeluh bahwa pelajaran matematika membosankan, tidak menarik, dan susah untuk difahami. Berawal dari permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan dalam penelitian ini adalah ?Untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi pokok uang peserta didik kelas IV SD Negeri Soko? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Soko yang berjumlah 11 peserta didik pada tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes, yang terdiri dari lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar aktifitas peserta didik dan tes ketuntasan hasil belajar. Hasil analisis data pada penelitian pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan rata-rata nilai guru dari keseluruhan pertemuan adalah 91,7. Aktifitas peserta didik selama pembelajaran dikategorikan aktif dengan nilai keseluruhan pertemuan mencapai 65,95%. Sedangkan hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan RME menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 88,45 dengan prosentase ketuntasan klasikal mencapai 81,9%. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik