Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
AFRILIANI, NURISH SHABACHA
Subject
Early Childhood Education
Datestamp
2020-05-17 07:14:43
Abstract :
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, bahwa dalam pembelajaran
matematika sering kali didapatkan peserta didik masih sukar menerima dan
mempelajari matematika. Bahkan banyak yang mengeluh bahwa pelajaran
matematika membosankan, tidak menarik, dan susah untuk difahami. Berawal dari
permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan
Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan dalam penelitian ini adalah ?Untuk
mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic
Education (RME) pada materi pokok uang peserta didik kelas IV SD Negeri Soko?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, subjek penelitian yang digunakan
adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Soko yang berjumlah 11 peserta didik pada
tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
observasi dan metode tes, yang terdiri dari lembar pengamatan kemampuan guru
dalam mengelola pembelajaran, lembar aktifitas peserta didik dan tes ketuntasan hasil
belajar.
Hasil analisis data pada penelitian pembelajaran matematika menggunakan
pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) menunjukkan bahwa kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan rata-rata nilai
guru dari keseluruhan pertemuan adalah 91,7. Aktifitas peserta didik selama
pembelajaran dikategorikan aktif dengan nilai keseluruhan pertemuan mencapai
65,95%. Sedangkan hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan RME
menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 88,45 dengan
prosentase ketuntasan klasikal mencapai 81,9%.