Abstract :
Skripsi ini membahas tentang peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah At Ta?Miriyah Al Ishlah dalam pembinaan akhlaqul karimah kepada para santri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhir zaman yang ditunjukkan
dengan krisis akhlak, terutama pada anak-anak usia sekolah. Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Madrasah Diniyah At Ta?Miriyah Al Ishlah dalam upaya pembinaan akhlak kepada para santri untuk mencegah dan
mengurangi permasalahan kaitannya dengan akhlak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan
fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, para ustadz/guru, para santri/murid dan masyarakat. Adapun objek dalam
penelitian ini adalah pembinaan akhlaqul karimah di Madrasah Diniyah. Analisis data menggunakan teknik analisis jenis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa Madrasah Diniyah At Ta?Miriyah Al Ishlah telah berupaya membina akhlaqul karimah para santrinya, hal ini dilakukan dengan beberapa metode. Pertama, metode pemahaman, yang diimplemantasikan dalam bentuk pembelajaran di kelas dengan guru memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai akhlaqul karimah. Kedua, metode pembiasaan, direalisasikan dalam aktivitas harian yang dilaksanakan di luar jam pembelajaran, yaitu do?a bersama, muraja?ah kitab dan sholat berjamaah. Hal ini bertujuan agar anak terlatih dan selanjutnya terbiasa
untuk berakhlaqul karimah. Ketiga, metode uswatun hasanah(teladan yang baik), yang dipraktikkan oleh para ustadz/guru melalui ucapan/perkataan dan tindakan/perbuatan yang mencerminkan akhlaqul karimah. Keempat, metode
Targhib dan Tarhib (pujian dan hukuman), yang diimplementasikan oleh para ustadz/guru agar para santri selalu termotivasi untuk berakhlaqul karimah. Melalui
beberapa metode pembinaan akhlak tersebut, maka didapatkan hasil yang signifikan atas akhlak para santri. Sesuai hasil penelitian, hampir semua santri di Madrasah Diniyah At Ta?Miriyah Al Ishlah memiliki akhlaqul karimah, baik itu
terhadap Allah, kemudian guru, dan sesama teman di lingkungan Madrasah. Hal ini menjadi bukti bahwa Madrasah Diniyah memiliki peran yang mendukung terciptanya akhlaqul karimah sebagaimana tujuan pendidikan Islam