DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Pelatihan Psychological Capital Untuk Menurunkan Tingkat Academic Burnout Pada Mahasiswa Peran Ganda Teknik Industri
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Sari, Nimas Putri Fitria
Subject
Psychology 
Datestamp
2024-03-14 02:44:19 
Abstract :
Peningkatan ritme aktivitas yang dialami oleh mahasiswa peran ganda mengakibatkan adanya konflik peran yang disebabkan pemenuhan tuntutan dari dua sisi aktivitas yang memiliki perbedaan tujuan. Berdasarkan wawancara awal yang dilakukan diketahui mahasiswa peran ganda memenuhi tiga dimensi pada academic burnout, yaitu: kelelahan, sinisme dan penurunan prestasi diri, kemunculan dimensi academic burnout ini berbanding terbalik dengan penurunan keyakinan diri, kehilangan fokus tujuan, penurunan optimisme dan kehilangan kemampuan resiliensi. Dalam hal ini dibutuhkannya pengembangan secara positif dalam diri individu, salah satu pendekatan psikologi positif yang memiliki fokus untuk meningkatkan konstruk positif pada diri individu yaitu psychological capital. Sehingga penleitian ini sangat penting dengan tujuan mencari tahu tingkat efektivitas pelatihan psychological capital untuk menurunkan tingkat academic burnout pada mahasiswa peran ganda. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest menggunakan psychological capital intervention. Dari sampel penelitian yang ditetapkan 8 subjek penelitian dari mahasiswa peran ganda teknik industri dapat menyelesaikan intervensi yang diberikan. Untuk mengetahui adanya efektivitas dari intervensi yang dilakukan peneliti melakukan analisa data pretest-posttest menggunakan uji wicolxon dan didapatkan p-value <0.05. Dapat disimpulkan terdapat efektivitas dalam pelatihan psychological capital untuk menurunkan tingkat academic burnout pada mahasiswa peran ganda. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik