DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Self efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Semen Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Heriniansyah, Bunga Putri
Subject
Psychology 
Datestamp
2024-04-30 03:58:11 
Abstract :
Self efficacy adalah salah satu faktor yang mempengaruhi belajar dan suatu keyakinan seseorang untuk menangani situasi dengan cara yang menghasilkan hasil yang memuaskan, Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui secara lebih mendalam terkait dengan pengaruh Self efficacy dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar Matematika pada siswa, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh Self efficacy terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas XI SMK Semen Gresik. Tipe penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tersebut berdasarkan pertimbangan pada angka- angka atau statistik yang digunakan sebagai meneliti populasi atau sample tertentu Penggunaan tipe kuantitatif tidak dapat dilepaskan dari pemikiran positivisme. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linear sederhana diperoleh nilai sig 0.000. Artinya nilai signifikan 0,05, jadi dapat diketahui Self efficacy (x) mempengaruhi Prestasi Belajar Matematika pada siswa SMK Semen Gresik., yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara Self efficacy dengan prestasi belajar siswase. Dari pembahasan diatas dapat diketahui bahwa ?Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Self efficacy Dengan Prestasi Belajar?. Selain itu masih banyak faktor yang lain yang dapat mempengaruhi antara variabel tersebut. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai resgresi linear sederhana pada variabel Self efficacy terhadap Prestasi Belajar dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dibandingkan dengan taraf signifikansi 0.05, nilai sig (2-tailed) ini lebih kecil yang artinya terdapat pengaruh variabel Self efficacy (X) terhadap Prestasi Belajar (Y). Hasil R Square (R^2) menunjukkan angka sebesar 0.451 yang berarti Self efficacy sebagian sebesar (0,451%) terhadap variabel Prestasi belajar sedangkan sisanya sebesar (99,549%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik