DETAIL DOCUMENT
Inovasi Bisnis Warung Rajaa Bassoo Dengan Menggunakan Metode Ten Types Of Innovation
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Ramadhan, Ahmad Ferdiansyah
Subject
Economic And Business 
Datestamp
2024-03-05 04:32:51 
Abstract :
Bisnis kuliner sangat menjanjikan di Indonesia karena pasar besar yakni jumlah penduduk sangat besar. Namun ketatnya persaingan di bisnis kuliner ini menuntut pengusaha lebih kreatif melakukan inovasi. Rajaa Bassoo Desa Randuagung telah membuktikan mampu bersaing dan inovatif mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi dan taktikel yang telah diterapkan oleh Rajaa Bassoo dan para pesaingnya. Memberikan rekomendasi inovasi dan taktik baru Rajaa Bassoo agar bisnis bisa berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif pada Rajaa Bassoo di Jl Dr Wahyudin Sudiro Husodo Gang Raya 24 No 15, Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data diambil dari satu pemilik usaha, satu supplier dan tiga kompetitor yaitu Bakso Ikip dan Bakso Giman dari kota Gresik. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi bisnis yang telah digunakan oleh Rajaa Bassoo untuk mendapatkan omzet tinggi tersebut yaitu dengan menggunakan taktikel Premium, Superior Product, Experience Center, Values Alignment, Community And Belonging. Untuk pesaing Bakso Giman menggunakan taktikel Premium, Engaging Functionality, Complements, Process Standardization, Loyality Programs. Untuk pesaing Bakso Ikip Disaggreegate, Alliances, Process Standardization, Complements, Try Before You Buy. Pada inovasi baru yang tepat digunakan Rajaa Bassoo menggunakan taktikel Premium, Superior Product, Styling, Organizational Design, Experience Center, Values Alignment, Certification, Community And Belonging. Hasil penelitian lain juga ditemukan dibisnis model canvas baru yang cocok untuk dijalankan pada Rajaa Bassoo. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik