DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN KESETARAAN NILAI UANG PADA SISWA KELAS III-A SDN AENGSAREH 01 KEC. SAMPANG
Total View This Week10
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
PAMBAYUN, KIKI AMALIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-03-22 07:34:17 
Abstract :
Sejauh ini pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Pembelajaran masihberfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian metode ceramah menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi belajar. Sehingga konsep dasar matematika tidak dapat diterima dengan baik oleh siswa. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran berlangsung, ada siswa yang masih asyik berbicara dengan teman sebangkunya. Ada pula yang pura-pura mencatat materi, padahal mereka sedang membuat sebuah gambar. Kejenuhan mulai timbul karena siswa hanya mendengarkan ceramah dari guru. Adapaun tujuan Untuk mengetahui penerapan metode Problem Solving untuk mata pelajaran Matematika tentang memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang pada siswa kelas III-A SDN Aengsareh 01 Kecamatan Sampang. . Penelitian yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan beberapa siklus, setiap siklusnya melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pemecahan masalah yang terdapat pada kelas 3 adalah dengan menerapkan Metode Problem Solving pada pelajaran matematika pokok bahasan kesetaraan nilai uang pada siswa kelas 3A SDN Aengsareh 01 Kecamatan Sampang, yang membantu memecahkan suatu permasalahan secara kelompok. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan menerapkan Metode Problem Solving, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus yang ditandai pada hasil siklus I presentase ketuntasannya yaitu 46,15% dan pada siklus II presentase ketuntasannya 80,76%. Kesimpulannya penelitian yang dilaksanakan berhasil atau memenuhi KKM yang sudah ditetapkan sekolah, yaitu ≥ 63%. Karena itu penerapan Metode Problem Solving di kelas 3 SDN Aengsareh 01 Kecamatan Sampang merupakan salah satu alternative yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru Sekolah Dasar dalam meningkatkan hasil belajar Matematika. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang