DETAIL DOCUMENT
ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA MALANG
Total View This Week17
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
SUNDARI, FITRI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-03-22 10:22:14 
Abstract :
Dalam konteks strategi bermuatan karakter ini, strategi yang digunakan guru harus mampu menanamkan niali-nilai karakter hingga ke urat nadi peserta didik dan mendarah daging, sehingga ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku sekolah menjadi karakter yang baik bagi dirinya (Suyadi, 2013 : 19). Penanaman nilai karakter saat mengajar diharapkan agar siswadapat berprilaku baik dalam kegiatan mereka sehari-hari. Kenyataanya dalam kegiatan sehari-hari masih sering kita jumpai prilaku siswa yang kurang baik yang tidak sesuai dengan nilai karakter yang ditetapkan oleh pemerintah di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang. peristiwa itulah yang mendorong untuk melakukan analisis penggunaan strategi guru yang digunakan dalam menanamkan nilai karakter kepada siswa saat mengajar pada bahasa Indonesia yang dilihat melalui tuturan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi mengajar yang dilakukan oleh guru kelas III dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada pelajaran bahasa Indonesia SD Muhammadiyah 1 Kota Malang, (2) strategi verbal yang dilakukan oleh guru kelas III dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada pelajaran bahasa Indonesia SD Muhammadiyah 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini dipilih guru kelas III-A dan III-B SD Muhammadiyah 1 Kota Malang, semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 2 guru. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2014 dengan pengambilan data masing-masing kelas sebanyak 3 kali atau 3 hari proses mengajar. Prosese mengajar yang teliti adalah mengajar di kelas III-A tema 3 dan tema 4 , kalau kelas III-B, tema 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi mengajar yang digunakan guru pada saat mengajar yang diambil datanya kelas III-A adalah strategi Inquiry dan Ekspositori sedangkan kelas III-B strategi Ekspositori dan Cooperatif Learning, (2) strategi verbal yang digunakan guru pada saat mengajar sudah sesuai dan digunakan semua oleh guru yang dilihat dari fungsi tindak tutur guru. Strategi mengajar dan verbal yang digunakan guru dalam mengajar sudah mengisaratkan adanya penanaman karakter kepada siswa, meskipun tidak sesuai nilai karakter yang ditetapkan pemerintah ditanamkan semuanya pada saat mengajar berlangsung selama pengambilan data. Hasil peneitian ini, analisis strategi guru ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru untuk menerapkan strategi tersebut saat mengajar dan perbaikan saat penerapan strategi mengajar di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang. strategi guru yang diterapkan dalam mengajar yang selanjutnya bisa lebih sempurna dan maksimal. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang