DETAIL DOCUMENT
TELAAH TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) CITRA ADI BANGSA KABUPATEN BANYUWANGI
Total View This Week7
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author

Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-03-24 04:46:11 
Abstract :
Tindak tutur direktif merupakan salah satu tindak tutur yang sangat sering digunakan dalam berkomunikasi setiap hari. Tindak tutur direktif adalah suatu tuturan yang dimaksudkan untuk meminta lawan tutur agar melakukan apa yang penutur inginkan. Tindak tutur direktif ini sering digunakan oleh guru pembelajaran. Nilai karakter sangat perlu dikembangkan di setiap sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dalam setiap menggunakan tidak tutur direktif guru juga menggunakan strategi penyampaian yang dimaksudkan untuk meminta siswa melakukan sesuatu secara langsung ataupun tak langsung. Adapun permasalahan yang diteliti adalah (1) bagaimana bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru dalam mengembangkan nilai karakter usia dini. (2) Bagaimana fungsi tindak tutur direktif guru dalam pengembangan karakter anak usia dini. (3) Bagaimana strategi tindak tutur dalam pengembangan karakter anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan lisan guru yang ditraskripsikan dalam bentuk tulisan berupa kata ataupun kalimat. Sumber data dalam penelitian ini adalah percakapan antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar yang dicatat melalui perekam video. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi serta dilanjutkan dengan teknik simak dan catat. Hasil dari penelitian ini antara lain, (1) bentuk tindak tutur direktif guru dalam pengembangan karakter anak usia dini ditemukan dua jenis tindak tutur direktif yaitu langsung, tak langsung. Bentuk tindak tutur direktif guru dalam pengembangan karakter anak usia dini yang paling dominan adalah tindak tutur langsung. (2) fungsi tindak tutur direktif guru dalam pengembangan karakter anak usia dini ditemukan peneliti meliputi fungsi, memerintah, melarang dan mengajak. Fungsi tindak tutur direktif guru dalam pengembangan nilai karakter anak usia dini yang paling dominan adalah fungsi memerintah. (3) strategi tindak tutur guru dalam pengembangan karakter anak usia dini yang ditemukan dibedakan menjadi empat yaitu strategi strategi tindak tutur secara terus terang tanpa basa-basi, strategi tindak tutur dengan menggunakan kesantunan positif, strategi tindak tutur dengan menggunakan kesantunan negatif, strategi tindak tutur dengan cara samar-samar atau tidak transparan. Strategi tindak tutur guru dalam pengembangan karakter anak usia dini yang paling dominan adalah strategi tindak tutur secara terus terang tanpa basa-basi. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang