DETAIL DOCUMENT
ALGORITMA SEQUENTIAL INSERTION UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH MUTIPLE TRIP VEHICLE ROUTING PROBLEM ( Studi Kasus di PT Sumber Rejo Kandangan Kediri )
Total View This Week4
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
ICHWANTO, HERU
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2016-03-24 09:43:08 
Abstract :
Multiple Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP) adalah permasalahan dari Vehicle Routing Problem (VRP) dengan perluasan dan penambahan multiple trips pada setiap kendaraan ketika mendistribusikan barang. Efisiensi yang terjadi pada pola distribusi dan transportasi produk dapat memberikan kontribusi yang cukup besar pada penurunan biaya produk sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan daya saing bagi perusahaan. PT Sumber Rejo adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi tepung tapioca dan pakan sapi (gamblong). Permasalahan MTVRP diselesaikan dengan menggunakan algoritma sequential insertion. Proses pencarian rute pada algoritma tersebut pada penelitian ini dimulai dengan memilih pelanggan awal (seed customer) dengan kriteria jarak terjauh dari depot, dilanjutkan dengan mencari jarak terpendek dari seed customer kemudian disisipkan menggunakan posisi terbaik. Proses ini dilakukan sampai semua customer sudah dikunjungi, sehingga pengolahan data menghasilkan jumlah tur dengan hasil akhir yang didapatkan adalah jumlah kendaraan minimum dengan beberapa alternatif kendaraan dilihat dari total jarak keseluruhan dan konsumsi biaya pendistribusian paling kecil. Multiple Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP) is a problem of Vehicle Routing Problem (VRP) with expansion and addition of multiple trips on each vehicle when it distribute the product. Efficiency that occur in patterns of distribution and transportation of product cost so as to increase profit and competitiveness for the company. PT Sumber Rejo is a manufacturing company that produce tapioca flour and cattle feed (gamblong). MTVRP problems solve using sequential insertion algorithm. The searching of process on algorithm in this study it begins from select customers early (seed customer) with criteria farthest distance from depot, followed by finding the shortest distance from the seed customer then inserted using the position. This process is carried out until all customers have visited, so the amount of data processing generate a tour with final result is minimum number of vehicles with several alternative vehicles seen from a distance of the overall total cost of distribution and the smallest of distribution consumption. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang