DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF PADA MATERI FUNGSI DI SMP NEGERI SUMBEREJO AMBULU
Total View This Week5
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
OKTAVIANA, ARUM MUFTI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-03-28 08:05:18 
Abstract :
Dalam proses pembelajaran, mendapatkan pengalaman langsung ketika mempelajari materi akan membantu siswa untuk memahami materi tersebut. Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung melalui penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk membantu siswa memiliki pengalaman langsung dalam proses pembelajaran adalah benda manipulatif. Dalam penelitian pengembangan ini, benda manipulatif yang dikembangkan berupa permainan yang diberi nama Didi The Explorer. Permainan ini dikembangkan untuk pemahaman konsep siswa pada materi fungsi. . Pengembangan media pembelajaran manipulatif ini menggunakan metode pengembangan Research & Development (R&D), dengan tahapan pengembangan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan produksi masal. Namun pada penelitian pengembangan ini hanya akan dilaksanakan sampai tahap uji coba produk. Untuk mengetahui kevalidan media manipulatif yang dikembangkan, maka dilakukan validasi. Untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran manipulatif, maka dilakukan uji coba media yang ditinjau dari respon siswa dan uji efektifitas. Tempat uji coba media pembelajaran manipulatif ini di SMP Negeri Sumberejo Ambulu. Berdasarkan hasil validasi media pembelajaran manipulatif menunjukkan bahwa rata-rata dari semua aspek yang telah di validasi oleh validator adalah 3,3. Berdasarkan respon siswa didapatkan data rata-rata 3,4. Sedangkan untuk uji efektifitas media diperoleh hasil analisis nilai siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebesar 80%. Setelah melakukan semua tahapan pengembangan dihasilkan produk media pembelajaran permainan Didi The Explorer untuk pemahaman konsep materi fungsi yang memenuhi kriteria kevalidan sangat valid dan kriteria keefektifan sangat efektif, serta mendapat respon dari siswa sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran manipulatif berupa permainan Didi The Explorer dapat digunakan sebagai alternatif solusi dalam proses pembelajaran untuk pemahaman konsep materi fungsi. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang