DETAIL DOCUMENT
REGULASI DIRI PADA SISWA PELAKU INDISIPLINER DI SEKOLAH
Total View This Week5
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
Nugroho, Aditya Rizky
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2016-03-31 02:16:31 
Abstract :
Salah satu perilaku indisipliner siswa SMK yang sering dilakukan adalah pelanggaran peraturan tata tertib sekolah, misalnya meninggalkan jam pelajaran, membolos dan terlambat datang ke sekolah dengan sengaja . Remaja rentan dengan berbagai permasalahan yang cukup kompleks, bahkan akan juga terjadi konflik pada dirinya sendiri. Regulasi diri merupakan cara seorang individu mengatur perilakunya ketika mendapatkan stimulus dari teman atau lingkungan sosialnya, misalnya sekolah. Siswa yang mempunyai regulasi diri dapat menunjukkan karakteristik dirinya misalnya, siswa tersebut mempunyai strategi untuk mengatur emosinya agar tidak melanggar peraturan-peraturan di sekolah termasuk tata tertib yang bisa timbul sebagai rintangan yang dapat mengganggu kegiatan belajar.Penelitian ini mendeskripsikantingkat kondisi regulasi diri pada siswa pelaku indisipliner. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa SMK yang berada di Kabupaten Jombang berjumlah 218 siswa. Teknik sampel ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menyebarkan skala regulasi diri dan angket perilaku indisipliner siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki regulasi diri kategori tinggi sebesar 46,3% dan memiliki kategori rendah 53,7%. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang