DETAIL DOCUMENT
STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 MALANG
Total View This Week19
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
GITAWATI, DINI FEBRY
Subject
K Law (General) 
Datestamp
2016-04-04 03:37:09 
Abstract :
Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik buruk, memelihara apa yang baik, mewujudkan, dan menebar kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter bertujuan membentuk dan membangun pola pikir, sikap, dan perilaku peserta didik agar menjadi pribadi yang positif, berakhlak karimah, berjiwa luhur, dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai karakter. Nilai-nilai karakter dapat menjadi prinsip-prinsip sebagai pedoman dalam hidup. penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Malang ini, membahas tentang (1) strategi implementasi pendidikan karakter berbasis nilai dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, (2) faktor pendorong dan faktor penghambat strategi implementasi pendidikan karakter berbasis nilai dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dan (3) solusi untuk menghadapi penghambat tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan yang dimintai informasi yakni Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru PKn dan siswa-siswi SMP Negeri 3 Malang. Berdasarkan penelitian ini dapat diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Strategi implementasi pendidikan karakter berbasis nilai dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui integrasi nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembelajaran. (2) Faktor pendorongnya adalah dari keinginan sekolah untuk menghasilkan generasi yang berkarakter, sedangkan penghambatnya adalah media, baik media massa maupun media sosial. Selain itu terkait kepribadian dan karakter masing-masing individu baik itu guru maupun siswa. (3) Solusi terhadap penghambat tersebut dengan cara mengawasi serta membimbing siswa-siswinya serta melakukan pembinaan terhadap guru maupun siswa. Pengembangan pendekatan maupun media pembelajaran PKn yang kreatif dan inovatif juga turut menjadi solusi dari adanya penghambat tersebut. Kata Kunci: Strategi implementasi, Pendidikan karakter berbasis nilai, Pendidikan Kewarganegaraan 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang