DETAIL DOCUMENT
ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS IV DI SDN LOWOKWARU 3 MALANG BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Total View This Week24
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
PUTRA, AKHMAD MAULANA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-04-06 02:59:39 
Abstract :
Dalam konteks strategi bermuatan karakter ini, strategi yang digunakan guru harus mampu menanamkan nilai-nilai karakter hingga ke urat nadi peserta didik dan mendarah daging, sehingga ilmu pengetahuan yang diperoleh dibangku sekolah menjadi karekter yang baik bagi dirinya (Suyadi, 2013 : 19). Penanaman nilai karakter saat pembelajaran diharapkan agar siswa dapat berprilaku baik dalam kegiatan mereka sehari-hari. Kenyataannya, dalam kegiatan sehari-hari masih sering kita jumpai prilaku siswa yang kurang baik yang tidak sesuai dengan nilai karakter yang ditetapkan oleh pemerintah di SDN Lowokwaru 3 Malang. Peristiwa itulah yang mendorong untuk melakukan analisis penggunaan strategi guru yang digunakan dalam menanamkan nilai karakter kepada siswa saat pembelajaran pada kurikulum 2013 yang dilihat melalui tuturan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas IV dalam menanamkan nilai karakter kepada siswa pada kurikulum 2013 di SDN Lowokwaru 3, (2) strategi verbal yang dilakukan oleh guru kelas IV dalam menanamkan nilai karakter kepada siswa pada kurikulum 2013 di SDN Lowokwaru 3. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini dipilih guru kelas IV-A dan IV-B di SDN Lowokwaru 3 Malang, semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 2 guru. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2014 dengan pengambilan data masing-masing kelas sebanyak 3 kali atau 3 hari proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang diteliti adalah pembelajaran di kelas IV tema 9 dengan sub tema 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran yang digunakan guru pada saat pembelajaran yang diambil datanya baik di kelas IV-A dan IV-B di SDN Lowokwaru 3 Malang adalah strategi pembelajaran inquiry, cooperatif learning, dan ekspositori, (2) strategi verbal yang digunakan guru pada saat pembelajaran sudah sesuai dan digunakan semua oleh guru yang dilihat dari fungsi tindak tutur guru. Strategi pembelajaran dan verbal yang digunakan guru dalam pembelajaran sudah mengisaratkan adanya penanaman karakter kepada siswa, meskipun tidak semua nilai karakter yang ditetapkan pemerintah ditanamkan semuanya pada saat pembelajaran berlangsung selama penengambilan data. Hasil penelitian ini, analisis strategi guru ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru untuk menerapkan strategi tersebut saat pembelajaran dan perbaikan kelemahan saat penerapan strategi pembelajaran di SDN Lowokwaru 3 Malang. Strategi guru yang diterapkan dalam pembelajaran yang selanjutnya bisa lebih sempurna dan maksimal. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang