DETAIL DOCUMENT
ANALISIS RAPOR BERDASARKAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS IV DI KECAMATAN JOMBANG
Total View This Week6
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
SULISMIYATI, ENDAH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-04-07 01:53:13 
Abstract :
Rapor pada kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum sebelumnya yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Perubahannya adalah rapor pada Kurikulum 2013 berbentuk deskripsi kompetensi yang dicapai siswa. Pengisian rapor diatur dalam Standar Penilaian Pendidikan. Berdasarkan observasi awal, guru mengalami kesulitan dalam melakukan pengisian rapor pada Kurikulum 2013. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui 1) keterlaksanaan pengisian rapor pada kurikulum 2013, 2) kendala yang dihadapi guru dalam penilaian rapor, dan 3) upaya untuk mengatasi kendala dalam pengisian rapor pada Kurikulum 2013, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis keterlaksanaan pengisian rapor pada kurikulum 2013, kendala yang dihadapi guru dalam pengisian rapor, dan upaya untuk mengatasi kendala dalam pengisian rapor pada Kurikulum 2013 pada kelas IV di Kecamatan Jombang. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September dan Oktober pada empat sekolah. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pengisian rapor pada SD swasta sudah sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan, pada SD negeri masih belum sesuai karena SD negeri belum melaksanakan persiapan penilaian sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan, penulisan rapor yang sudah sesuai adalah pada SDIT Al Ummah, (2) kendala yang muncul pada kelas IV di Kecamatan Jombang adalah tidak ada format penilaian dan pengolahan nilai, waktu pelatihan yang terlalu singkat dan hanya berupa teori, dan guru dituntut bisa TIK karena rapor pada kurikulum 2013 tidak ditulis tangan, (3) upaya yang dilakukan oleh sekolah adalah mengikuti pelatihan-pelatihan kurikulum 2013, mengikuti KKG, dan sharing dengan sekolah-sekolah sasaran kurikulum 2013 lainnya, dan adanya mitra mengajar. Hasil penelitian ini disarankan sekolah dapat mempertahankan hal yang berkaitan dengan pengisian rapor seperti mekanisme penilaian, pelaksanaan penilaian, dan pengolahan penilaian serta guru lebih teliti dalam menuliskan kompetensi inti pada rapor. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang