Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
KHOIDAH, NURUL
Subject
BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Datestamp
2016-04-13 02:02:20
Abstract :
Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyaraka tdan pemerintah.Untuk itu keberhasialan pendidikan bagi anak, maka kerja sama antara ketiga unsu r tersebut sangat penting. Untuk menunjang program pemerintah pendidikan itu berlangsung seumur hidup, maka Taman Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan yang pertama yang bisa di masuki anak untuk belajar. Maka kerja sama guru dengan wali murid dalam penanaman nilai agama dan moral mutlak diperlukan.
Penelitianainibertujuanuntukmendiskripsikanbentukkerjasama guru denganwalimuriddalammenanamannilai agama dan moral padakepadapesertadidik, diketahuinyabentukdanpelaksanaankerjasamaantara guru danwalimurid di TK ABA 30 Sukun Malang.
Metode yang dipakaidalampengumpulan datadalampenelitianinimenggunakanmetodewawancaradanobservasidilapangan,denganinformenkepalasekolah, guru sertawalimurid. Setelah data dikumpulkanmakapenulismengelolahnyadenganmenggunakantehnikanalisisdeskriptifkualitatif.
Hasilpenelitianinimenunjukkanbagaimanabentukdanpelaksanaanpenanamannilai agama dan moral kepadapesertadidik di TK ABA 30 Sukun Malang.Bentukpemberianpembelajaranbersamaantara guru danwalimuridsertapemberianpembelajaranmelaluikerjasama, organisasiwalimurid. Pelaksanaannyabahwaperan guru danwalimuridsangatpenting.Guru memberipembelajaranpenanaman di sekolahdanwalimuridmemberipembalajaran di rumah.Keterbatasankemampuandankesempatanwalimuridterhadappembelajaranputra-putrinya di dalammemperhatikansikapdanprilakuanak di rumah, gunatercapainyasuatutujuan,dikarenakanwalimurid yang sebagiansibukbekerjadanminimnyapengetahuannilai agama. Kerjasamaantara guru dan wali murid bisadijadikansebabsuatukegiatan, namundemikianbahwakerjasamayang diharapkankadangkurangmaksimal, itulah yang menyebabkanpesertadidikkurangmaksimal pula di sekolah.