DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS IV SDN PAKONG 3 PAMEKASAN
Total View This Week5
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
WAHYUDI, IRWAN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-04-19 04:30:16 
Abstract :
Kondisi SDN Pakong 3 Pamekasan dalam menyajikan pelajaran IPA menemui beberapa kendala. Dari hasil tes akhir yang dicapai siswa Kelas IV untuk pokok bahasan “Sumber Daya Alam” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Dari 18 orang, hanya 12 orang (66,66%) yang belum berhasil mencapai nilai minimal 65, dan hanya sebanyak 6 orang (33,33%) berhasil di atas KKM. Secara klasikal kondisi siswa kelas IV SDN Pakong 3 Pamekasan berada di bawah KKM klasikal yaitu 80%. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, diperlukan dukungan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penyebab terjadinya permasalahan tersebut adalah guru tidak memberikan motivasi belajar untuk menciptakan kelas yang kondusif, Guru tidak memberikan bimbingan baik secara pribadi maupun kelompok, Guru tidak memberikan pemantapan materi setelah siswa selesai pemberian tugas, Motivasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kurang. untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi tentang sumber daya alam, diperlukan dukungan metode resitasi sebagai media dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pakong 3 Pamekasan pada materi sumber daya alam dengan penggunaan metode resitasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan test tulis. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 33,33% dan dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal. Sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan, persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 88,6% sehingga siswa kelas IV SDN Pakong 3 Pamekasan dikatakan tuntas belajar secara klasikal. Kata Kunci: Metode Resitasi, Hasil Belajar, Sumber Daya Alam, siswa. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang