DETAIL DOCUMENT
KECERDASAN EMOSI PADA SISWA YANG BERMASALAH DI SEKOLAH
Total View This Week6
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
Rachmawati, Amalia
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2016-04-28 06:29:58 
Abstract :
Salah satu indikasi siswa bermasalah berkaitan dengan kecerdasan emosi. Sehingga penting sekali untuk memiliki kecerdasan emosi yang tinggi agar dapat mengelola tekanan-tekanan dan masalah yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosi pada siswa yang bermasalah di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan skala kecerdasan emosi dan kuesioner untuk mengidentifikasi masalah siswa. Jumlah subjek sebanyak 120 siswa, dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa dengan masalah membolos, kesulitan belajar pada bidang tertentu, bertengkar dan berkelahi dengan teman sekolah, mencontek, tidak mengerjakan tugas, dan minum-minuman keras tahap awal (ringan) memiliki kecerdasan emosi tinggi, pada siswa dengan masalah berkelahi antar sekolah, kesulitan belajar karena gangguan dikeluarga, minum-minuman keras tahap pertengahan, mencuri, dan melakukan tindak asusila (sedang) memiliki kecerdasan emosi rendah, dan pada siswa dengan masalah kecanduan alkohol, penyalahgunaan narkotika, melakukan tindak kriminalitas, percobaan bunuh diri, dan perkelahian dengan senjata tajam atau senjata api (berat) memiliki kecerdasan emosi rendah. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang