DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA DUA DIMENSI SISWA KELAS V SDN PURWODADI 2 MALANG
Total View This Week5
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author

Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-05-09 01:40:43 
Abstract :
Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki empat aspek keterampilan salah satunya keterampilan Berbicara di SDN Purwodadi 2 Malang belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan hasil obsevasi awal yang dilakukan peneliti diketahui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan adalah 70, namun siswa belum tuntas 76,6% yang disebabkan oleh (a) minat siswa terhadap kegiatan Berbicara masih rendah, (b) siswa kurang berani untuk Berbicara di depan kelas, (c) siswa merasa takut salah dan kurang percaya diri saat ditunjuk untuk Berbicara di depan kelas, (d) kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam kegiatan keterampilan Berbicara. Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut peneliti menggunakan media Boneka Dua Dimensi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar keterampilan Berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan Boneka Dua Dimensi siswa kelas V SDN Purwodadi 2 malang?, (2) bagaimana hasil peningkatan keterampilan Berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan media Boneka Dua Dimensi siswa kelas V SDN Purwodadi 2 malang?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan Berbicara siswa dengan cara menarik antusias siswa dalam pembelajaran keterampilan Berbicara siswa kelas V SDN Purwodadi 2 malang melalui penggunaan media Boneka Dua Dimensi. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang meliputi penelitian ini adalah penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Purwodadi 2 Malang, dengan jumlah siswa 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pra siklus 23,3% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 76,6% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I 57% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 43% siswa belum mencapai ketuntasan belajar sedangkan pada siklus II 87% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 13% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan hasil belajar keterampilan Berbicara siswa kelas V SDN Purwodadi 2 Malang. Kesimpulan yang diperoleh dari data tersebut adalah penggunaan media Boneka Dua Dimensi dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan Berbicara siswa kelas V SDN Purwodadi 2 Malang. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang