Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (a) nilai-nilai pendidikan
karakter yang berkaitan dengan diri sendiri dalam dongeng rakyat Bima, (b) nilainilai
pendidikan karakter yang berkaitan dengan sesama manusia dalam dongeng
rakyat Bima, dan (c) nilai-nilai pendidikan karakter yang berkaitan dengan
lingkungan dalam dongeng rakyat Bima. Untuk membedah permasalahan penelitian
digunakan teori nilai-nilai pendidikan karakter oleh Akhmad Muhaimin Azzet dan
Kemendiknas. Nilai-nilai pendidikan karakter yang digunakan dalam penelitian ini
diambil karakter-karakter menonjol yang analisis untuk kepentingan penelitian.
Oleh karena itu Penelitian ini menggunakan analisis konten sebagai dasar untuk
menganalisis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jadi, menggunakan metode
kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam
dongeng rakyat Bima. Jenis analisis penelitian ini adalah dokumentasi dan
wawancara. Data dalam penelitian ini berupa uraian kata-kata atau kalimat dalam
dongeng rakyat Bima. Dongeng rakyat Bima yang digunakan dalam penelitian
yakni, Duha Lano (Kidung Terakhir Seorang Ibu) La Mbuda Labo la Mpako (Si
Buta dan Si Pincang), La Daju (Si Malas), Sangaji ra Tipu ba Nasi (Raja yang
Ditipu oleh Burung), La Saronte (Si Saronte), WaÂ’i ma Nggana Udi (Nenek yang
Melahirkan Biawak). Informan yaitu Abdurrahman, Syarah H. Idris, M. Tayeb dan
Mariamah.
Hasil penelitian dapat diklasifikasikan yaitu, (a) nilai-nilai pendidikan
karakter yang berkaitan dengan diri sendiri dalam dongeng rakyat Bima yakni jujur
(dongeng La Kasipahu labo La Saronte dan dongeng Sangaji ra Tipu ba Nasi),
bertanggung jawab (dongeng La Kasipahu labo La Saronte dan dongeng WaÂ’i ma
Nggana Udi), rasa percaya diri (dongeng WaÂ’i ma Nggana Udi), bekerja keras
(dongeng La Mbuda labo La Mpako, dongeng La Kasipahu labo La Saronte, dan
dongeng WaÂ’i ma Nggana Udi), mandiri (dongeng Duha Lano dan dongeng La
Mbuda labo La Mpako), dan rasa ingin tahu (dongeng La Daju), (b) nilai-nilai
pendidikan karakter yang berkaitan dengan sesama manusia dalam dongeng rakyat
Bima yakni terbangunnya kesadaran hak dan kewajiban bagi diri sendiri dan orang
lain (dongeng La Daju dan WaÂ’i ma Nggana Udi), demokratis (dongeng Duha
Lano), santun (dongeng Sangaji Ra Tipu ba Nasi, dongeng Duha Lano, dan
dongeng La Kasipahu labo La saronte), berguna bagi orang lain (dongeng La Daju
dan dongeng WaÂ’i ma Nggana Udi) dan patuh pada aturan sosial (dongeng Sangaji
ra Tipu ba Nasi), (c) nilai-nilai pendidikan karakter yang berkaitan dengan
lingkungan dalam dongeng rakyat Bima yakni peduli lingkungan (dongeng La Daju
dan Sangaji ra Tipu ba Nasi) dan peduli sosial (dongeng La Mbuda labo La
Mpako).