DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)
Total View This Week4
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
Ningtyas, Islamiyah
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2016-05-25 01:43:19 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan (2) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan pada saat profitabilitas perusahaan tinggi. Sampel penelitian ini adalah pengungkapan pertanggungjawaban sosial pada sektor manufaktur tahun 2009 dan 2010 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 18 perusahaan pada tahun 2009 dan 18 perusahaan pada tahun 2010 yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas sebagai variabel moderating dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan CSR dan nilai perusahaan. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel independen yaitu CSR secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan berdasarkan hasil uji t dapat diketahui secara parsial CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, pada saat profitabilitas perusahaan tinggi. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang