DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI PANCASILA TENTANG NILAI KEJUJURAN, KEDISIPLINAN DAN SENANG BEKERJA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI, MELALUI KARTU CECAK (CERITA ACAK) SISWA KELAS II SEMESTER 2 SDN TUNGGULWULUNG 02 LOWOKWARU MALANG
Total View This Week17
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
PRASETIO, SUKO
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-05-31 03:42:54 
Abstract :
Pembimbing: (I) Dr. Endang Poerwanti M.Pd, (II) Dr. Ichsan Anshory AM, M.Pd Berdasarkan pada kenyataan bahwa pemahaman siswa terhadap nilai Pancasila, yaitu nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja di SDN Tunggulwulung 02 Lowokwaru, Malang masih cukup rendah, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan pembelajaran PKn materi nilai-nilai Pancasila, Kelas II semester 2, dengan menggunakan media "Kartu Cecak" di SDN Tunggulwulung 02 Lowokwaru, Malang, dan (2) pemahaman siswa terhadap materi nilai-nilai Pancasila dengan menggunakan media pembelajaran "Kartu Cecak". Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas II SDN Tunggulwulung 02 Lowokwaru, Malang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2011 dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data hasil pembelajaran guru, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan media pembelajaran Kartu Cecak pada mata pelajaran PKN materi nilai Pancasila di SDN Tunggulwulung 02 Lowokwaru, Malang membuat siswa semakin aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai afektif siswa katagori A, sebesar 97,5%. (2) Penggunaan media pembelajaran Kartu Cecak dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi nilai Pancasila. Hal ini ditunjukkan dengan nilai kognitif siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 97,5% dan hanya satu siswa yang belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini, media pembelajaran Kartu Cecak disarankan untuk dipergunakan sebagai acuan dalam penyusunan program pengajaran dan bimbingan belajar serta mengembangkan media pembelajaran lain yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang