DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS IVA SDN BUNUTWETAN PAKIS MALANG
Total View This Week5
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
Ningsih, Christanti
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-05-31 03:47:13 
Abstract :
Pembimbing: (1) Dr. Rr. Eko Susetyarini, M. Si (2) Drs. Gigit Mujianto, M.Si Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa nilai hasil belajar PKn siswa kelas VIA SDN Bunutwetan Pakis Kab.Malang masih banyak siswa dibawah kreteria ketuntasan minimum (KKM), hal ini dapat dilihat dari: (1) guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan; (2) guru masih banyak menggunakan pembelajaran secara tradisional (teacher centered); (3) guru lebih mendominasi dalam kegiatan belajar mengajar dan siswa sebagai pendengar dan pencatat yang baik, sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari, menemukan sendiri pengetahuan atau sikap dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendiskipsikan penerapan model pembelajaran kooperatif metode talking stick pelajaran PKn siswa kelas IVA SDN Bunutwetan Pakis, Malang dan (2) Meningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IVA SDN Bunutwetan Pakis, Malang melalui model pembelajaran kooperatif metode talking stick. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Bunutwetan Pakis, Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Menggunakan empat cara dalam pengumulan data, yaitu (1) Observasi, (2)Wawancara, (3) Tes, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IVA SDN Bunutwetan Kec.Pakis Kab.Malang yang berjumlah 28 siswa. Data dalam penelitian ini diambil dari hasil tes, hasil observasi dan hasil catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick pada mata pelajaran PKn kelas VIA SDN Bunutwetan Pakis, Malang dengan materi globalisasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar pada siswa mengalami peningkatan yaitu dalam setiap siklus ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siswa mengalami peningkatan yaitu pada nilai awal sebelum tindakan adalah 18% pada tahap tindakan pada siklus I 52% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 86%. Ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I naik 34% ke siklus II. Nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa dari 61 ke 72. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang